Selasa, 13 Desember 2011

7 Drama Korea "Saeguk" yang Perlu Ditonton

All about Korea kini lagi booming di Indonesia. Terutama boyband dan girlbandnya serta lagu – lagunya. Tidak hanya itu, bahkan drama Korea pun lagi booming. Apalagi yang paling booming si Boys Before Flower (BBF). Jadi aku sekarang merangkum drama – drama Korea yang wajib perlu kalian tonton. Tapi aku ngerangkum jenis drama Korea Saeguk ( drama yang bersifat sejarah Korea) karena menurutku lebih bagus drama Saeguk dari yang non-Saeguk ( ini hanya pendapatku.. :D). Mungkin ini bisa kalian jadikan sebagai refrensi untuk ditonton ketika liburan sekolah nanti ( bagi yang tidak dapat pergi kemana-mana alias diam di rumah doang agar lebih menyenangkan dan mengisi hari liburan kalian sambil menunggu tahun baru ).Jadi ini dia 7 drama Korea SAEGUK yag kurangkum...........................





1.       ILJIMAE

Drama yang berjudul ILJIMAE ini berceritakan tentang seorang pencuri yang mencuri barang – barang para bangsawan dan membagikannya kepada rakyat yang kurang mampu. Iljimae berasal dari kata Il-ji-mae yang artinya setangkai bunga Mae . Ini dikarenakan Iljimae selalu menaruh lukisan bunga Mae dan terkadang bersama bunganya juga ketika ia menyelesaikan acara mencurinya :D (dia juga suka kok ma buanganya). Dari berbagai informasi yang saya dapatkan, Iljimae ini bersettingkan Dinasti Joseon ketika Raja Injo yang berkuasa. Iljimae sendiri di perankan oleh oppa Lee Jun Ki ( awawawaw ). Bahkan unnie HAN HYO JOO ikut main disini. Ia berperan sebagai Eun Chae, seorang anak bangsawan pemerintah kerajaan dan orang yang dicintai Iljimae. Iljimae bernama Yong. Nama yang diberikan oleh orang tua angkatnya. Ia diangkat ketika ingatannya hilang dan ketika ingatannya kembali, ia teringat bahwa ia bernama Lee Geom dan anak seorang bangsawan yang ayahnya ialah PANGERAN KERAJAAN alias kakak Raja Injo yang dibunuh oleh Raja Injo sendiri di depan matanya ( makanya ia shock. Habis tu hilang ingatan) !!! Ending dari drama ini akan membuat anda yang menonton akan penasaran sampai mati ! #lebay# ( saya juga sampai sekarang penasaran banget sama inti endingnya). Tapi secara keseluruhan, drama yang sudah sangat lama di tayangkan di Korea ini, sangat bagus untuk ditonton bahkan merajai ratting drama Korea saat itu sampai pada last episodenya. Perubahan karakter Yong ketika menjadi anak rakyat biasa dan menjadi Iljimae sangatlah berbeda, benar – benar menarik. Oya, drama ini bernama ILJIMAE bukan THE RETURN OF ILJIMAE.




2.       THE GREAT QUEEN SEONDEOK ( TGQS )

Hayooo... Siapa yang ngak tau drama yang satu ini ??? Yap, The Great Queen Seondeok ( TGQS) adalah drama yang mengisahkan tentang Ratu Seondeok, perempuan pertama di Korea yang menjadi Ratu. Bersettingkan pada Dinasti Shilla, membuat drama ini berbeda dari drama saeguk lainnya yang biasa settingnya di Dinasti Joseon. Salah satunya yang bikin berbeda adalah pakaiannya ! Sangat berbeda dari Hanbook (pakaian tradisional Korea) lebih mirip gaun (menurutku) dan sangatlah indah. Di sini, Ratu Seondeok diceritakan lahir sebagai anak kembar perempuan dari Raja Jinpyeong dengan Ratu Maya. Di Shilla, terdapat sebuah kepercayaan bahwa melahirkan anak kembar perempuan, seterusnya akan tidak dapat melahirkan seorang putra mahkota alias anak laki-laki. Karena Raja sangat mencintai Ratu dan tidak ingin Ratu dipaksa turun tahta karena kejadian ini, Raja terpaksa menyuruh pelayannya Seo Hwa untuk membawa salah satu bayi kembarnya pergi dari kerajaan dan itu adalah Ratu Seondeok dengan nama Putri Deokman. Setelah berbagai kejadian yang ia hadapin, Deokman tahu bahwa ialah seorang putri. Ketika saudara kembarnya, Putri Cheon Myeong meninggal, ia berjanji akan melawan ( main politik maksudnya ) Mishil, Sang Penjaga Stempel Kerajaan yang dari dulu dilawan oleh Putri Cheon Myeong dan Mishil lah yang menyebabkan Putri Cheon Myeong meninggal.  Adu politik inilah yang menjadi jalan cerita dalam drama yang sangat bagus ini. Akting antara Lee Yo won ( Deokman ) dan Goo Hyun Jung ( Mishil) sangatlah sempurna. Ending dari cerita ini...... entahlah, antara bisa dikatakan happy or sad ending.



3.       THE PRINCESS’ MAN



Drama yang merupakan favoritku ini, baru saja tamat di Korea. Berlatarkan pada Dinasti Joseon ketika Raja Munjong, Raja Danjong, dan Raja Sejo berkuasa. Berceritakan tentang seorang gadis yang memiliki keingintahuan yang besar yang bernama Lee Se Ryung dan anak kesayangan ayahnya, Pangeran Sooyang ( Raja Sejo) jatuh cinta pada Kim Seung Yoo, seorang pria dengan kemampuan no. 1 di akademinya. Kim Seung Yoo adalah anak dari Kim Jeong Seo, wakil perdana mentri kerajaan yang bermusuhan dengan Pangeran Sooyang. Mereka bermusuhan karena Kim Jeong Seo tidak mengijinkan Pangeran Sooyang menjadi raja berikutnya karena anak Raja Munjong lah yang seharusnya menjadi raja setelah Raja Munjong meninggal nantinya . Kalian bisa bayangkan kan ? Bagaimana seorang pria dan wanita yang saling mencintai tetapi orang tua mereka bermusuhan ? Perebutan tahta raja sangat mewarnai alur cerita dan tentunya alur dari kedua tokoh utama yang selalu tersiksa batin antara saling mencintai tetapi saling membenci juga. Drama yang sejak episode 8 sampai episode terakhir, selalu bernuansa dengan “ darah “ (jadi siap-siap mental nontonnya :D #alay#). Drama yang disebut dengan Romeo – Juliet versi Korea ini, menempatkan aktor ganteng PARK SI HOO ( main di Iljimae juga loo...) sebagai Kim Seung Yoo dan aktris cantik Moon Chae Won sebagai Lee Se Ryung. Di sebut sebagai Romeo – Juliet versi Korea, tentu anda bisa pastikan jika endingnya.................................................... bisa kalian tonton di kasetnya :D. OST drama ini lumayan bagus apalagi lagunya berjudul “ I love You Too “ sangatlah sedih. Secara dinyanyikan oleh penyanyi yang mendapat 2 piala di MAMA 2011 dan yang menyanyikan OST. Secret Garden “ That Woman” BAEK JI YEONG !



4.       WARRIOR BAEK DONG SOO


Apa yang terbenak di kalian tentang arti “ warrior” ? Pasti prajurit kan ? Yihaa... Drama ini memang mengisahkan tentang seorang prajurit yang berhasil menggabungkan beberapa teknik bermain pedang menjadi satu, bernama Baek Dong Soo. Drama ini terjadi ketika Raja ke 21 dan Raja ke 22 berkuasa yaitu Raja Yeongjo dan Raja Jeongjo. Ada yang tau siapa raja ini ? Yup. Mereka adalah anak ( Raja Yeongjo) dan cicit ( Raja Jeongjo) DONG YI. Drama ini berkisar antara konflik Fraksi Noron yang tidak menyukai Pangeran Mahkota Sado ( ayah Raja Jeongjo). Konflik ini antara lain perebutan sebuah buku tentang Ekspedisi Perang Utara yang ditinggal oleh Raja Hyojong ( kakeknya Raja Sukjong) yang berisi tentang daerah kelemahan Kekasiaran Qing ( Cina ) di bagian utara sehingga bisa memasukkan banyak prajurit dari Korea ke Cina untuk menaklukan Qing. Buku inilah yang dicari-cari oleh Fraksi Noron demi kepentingan mereka terhadap Qing dan Pangeran Sado yang ingin menaklukan Qing. Tahun 1743, Pangeran Sado menghancurkan monumen Samjeondo yang dibuat Kaisar Qing untuk mengatakan bahwa ia akan melawan Qing. Tapi hal ini malah digunakan Fraksi Noron dan Qing untuk menjatuhkannnya. Hal ini tidak terjadi, karena kejadian monumen tersebut mengambing hitamkan pengawal pribadi Pangeran Sado , Baek Sa King sebagai pelaku dan dijatuhi hukuman mati sampai 3 generasi dibawahnnya. Baek Sa King inilah ayah dari Baek Dong Soo , tetapi Dong Soo tidak dijatuhi hukuman mati. Ini berakhir dengan kematian Pangeran Sado dan buku Ekspedisi Perang Utara yang sudah jadi abu serta akhir penderitaan seorang wanita bernama Yoo Ji Shun dengan tato peta ekspedisi perang utara di punggungnya. Perempuan ini menjadi rebutan antara Dong Soo dan Yeo Woon (kenapa bukan gue yang direbut ya ? #ngipi#). Tetapi hal ini masih berlanjut. Fraksi Noron sekarang mengincar anak Pangeran Sado ( kemudian Raja Jeongjo) karena menganggap mereka akan “habis” ketika anaknya menjadi raja berikutnya. Disinilah Dong Soo dan grupnya, yang diperankan oleh aktor ganteng Ji Chang Wook selalu melindungi  Pangeran Mahkota ( anak Sado, Raja Jeongjo ) dari organisasi –organisasi misterius yang mengincar kematian pangeran. Sahabat dan juga musuhnya, Yeo Woon yang dimainkan YOO SEUNG HOO (yang jadi Kim Chunchu di Queen Seondeok) membantu Dong Soo ketika pemberontakan yang terjadi pada dua episode terakhir drama ini. 



5.       SUNGKYUNKWAN SCANDAL



Drama yang satu ini lagi gress banget karena baru pertama kali diputar di Indonesia. Latar drama ini sama dengan drama di Warrior Baek Dong Soo, yaitu saat Raja Jeongjo berkuasa . Mengisahkan tentang empat orang pelajar yang menimba ilmu di universitas kerajaan Sungkyunkwan yang nantinya akan menerima sebuah tugas dari raja untuk menemukan Geum Deung Ji Sa ( kotak yang berisi surat-surat yang ditulis raja sebelumnya, Raja Yeongjo yang menceritakan tentang penyesalannya terhadap kematian anaknya, Putra Mahkota Sado (ayah Raja Jeongjo). Masih belum mengerti mengapa Raja Yeongjo menyesal ? Tontonlah Warrior Baek Dong Soo, dijamin bakal ngerti ! :P).  Lee Sun Joon ( Micky Yoochun ), Kim Yoon Shik ( Park Min Young ), Goo Yong Ha ( Song Joong Ki ), dan Moon Jae Shin ( Yoo Ah In ) merupakan empat pelajar tersebut. Tetapi diantara mereka, Kim Yoon Shik yang memilliki panggilan “daemul” ini adalah seorang perempuan yang bernama Kim Yoon He. Padahal saat itu berlaku sebuah aturan yang tidak memperbolehkan seorang perempuan memasuki bahkan menimba ilmu di Sungkyunkwan. Ia terpaksa harus masuk karena ingin membiayai pengobatan adiknya, Kim Yoon Shik dengan uang yang didapat dari Sungkyunkwan ( semacam uang beasiswalah ). Jadilah dia masuk ke Sungkyunkwan dengan memakai nama adik laki-lakinya.  Drama ini bisa dikatakan bergenre romantis dan komedi. Kalian dapat menemukan hal – hal konyol yang terjadi antara empat orang tersebut dan di episode 10 ke atas akan disuguhkan kejadian romantis antara dua tokoh utama, Lee Sun Joon dan Kim Yoon Hee. Apakah akhirnya Kim Yoon He ketahuan oleh raja bahwa ia adalah seorang perempuan ? Bagaimana kehidupan Kim Yoon He dengan Lee Sun Joon setelah Yoon He mengetahui bahwa ayah Sun Joon pembunuh ayahnya ? Jawaban inilah yang menjadi dua inti cerita dari ending drama ini.


6.       DONG YI



Yang ngak tau drama ini ke-ter-la-lu-an ... Drama yang sedang diputar lagi di Indosiar ini bercerita tentang seorang gadis berketurunan rendah yang bernama Dong Yi dan berlatarkan ketika Raja ke 19 Joseon, Raja Sukjong (Ji Jin Hee) yang berkuasa. Dong Yi (Han Hyo Joo) masuk ke istana ketika berumur 12 tahun untuk menjadi pelayan kasar ( yang kerjaannya nyuci , bersih-bersih dll). Ia pergi ke istana untuk mencari pelaku pembunuhan para bangsawan ketika saat itu dan mencari aman ketika ia sendiri dikejar-kejar oleh polisi karena ia merupakan anak dari Ketua Persaudaraan Pedang yang sebenarnya bukan pelaku pembunuhan para bangsawan. Dong Yi kemudian menjadi Dayang Investigasi berkat bantuan selir raja, Jang Ok Jung atau lebih dikenal dengan gelar selirnya Hee Bin (Lee So Yeon). Dong Yi dan Raja Sukjong bertemu, melewati berbagai hal bersama dan anda tahu sendiri kan ? Ya, Raja jatuh cinta pada Dong Yi dan menjadikan Dong Yi sebagai selirnya sampai pada gelar yang sama dengan Hee Bin, yaitu peringkat pertama untuk Selir Raja. Hee Bin sangat tidak menyukai ini, hal ini dikarenakan Dong Yi telah membantu Ratu Inhyeon kembali kekedudukannya semula sebagai Ratu dan Hee Bin harus lengser dari kedudukan sebagai ratu pengganti sebelumnya. Hee Bin telah berpendapat bahwa Dong Yi sekarang melawannya dan menganggap Dong Yi akan merebut posisi ratu ketika Ratu Inhyeon meninggal. Hubungan mereka yang sebelumnya bagus menjadi retak. Disini, karakter Hee Bin pada awal – awal episode dikatakan sangat pintar dan wanita yang baik, tetapi semakin episode berlanjut karakternya berubah menjadi wanita yang sangat menginginkan kekuasaan untuk menjadi seorang ratu. Intrik – intrik politik dalam drama ini menjadi alur utama cerita. Dengan alur cerita yang sangat bagus, drama ini bahkan dinobatkan menjadi drama of the year 2010 dan ending cerita tentu  happy J.



7.       DAE JANG GEUM



Ada yang ngak tau Jang Geum ? Pada tau kan ? atau lupa-lupa ingat ? Serial Drama tahun 2003 ini sangat populer di dunia. Mengisahkan tentang dokter pribadi raja wanita pertama di Korea , Seo Jang Geum (Lee Young Ae). Berkisahkan pada Dinasti Joseon, saat Raja SeongJong (cucunya Raja Sejo di The Princess’s Man) , Raja Yeonsangun, dan Raja Jungjong. Kisahnya dimulai dengan ibu dari Raja Yeonsangun,yang masih muda yang diracuni oleh sekelompok pengawal istana di bawah perintah Ibu Raja ( Ibu Suri), Queen Inso (ada loh sekarang drama Queen Inso, tapi baru episode pertama #promosi#, Inso adalah menantu raja Sejo ).

Setelah peristiwa itu, seorang pengawal istana, Seo Cheon Su, yang menyertai kelompok itu, pulang ke rumahnya, namun ia mengalami kecelakaan dalam perjalanannya. Ia diselamatkan oleh seorang pertapa Taois, yang mengatakan kepadanya bahwa hidupnya akan berlangsung di sekitar tiga orang perempuan,ia akan membunuh perempuan pertama dan juga ia akan menyelamatkan perempuan yang kedua tetapi juga menyebabkan kematiannya, dan perempuan ketiga, yang akhirnya akan menyebabkan kematiannya, tetapi juga akan menyelamatkan banyak nyawa. (Dan ternyata ketiga perempuan itu adalah.... eng ing eng... ibu Raja Yeonsangun, ibu Jang Geum, dan akhirnya Jang Geum sendiri.)

Tekanan batin akibat peristiwa ini menyebabkan Seo Cheon Su mengundurkan diri dari istana. Di pihak lain, Dayang Istana Park, seseorang yang sedang belajar di dapur istana, menyaksikan komplotan terhadap Ibu suri yang dilakukan oleh Dayang Istana Choi dan ia  dikenai tuduhan-tuduhan palsu oleh kalangan dalam staf dapur senior, dan diam-diam diperintahkan dibunuh melalui prosedur internal mereka. Ia diselamatkan oleh Dayang Istana Han, teman baiknya di istana, dan dengan tidak sengaja diselamatkan oleh Seo yang kini sudah pensiun. Keduanya pergi untuk hidup dengan rahasia di sebuah desa terpencil, dan menyamar sebagai petani kecil. Mereka menikah dan membesarkan seorang anak perempuan yang sangat cerdas, bernama SEO JANG GEUM.

Pada tahun 1504, Yeonsangun memerintahkan penyelidikan besar-besaran tentang kematian ibunya, dan akhirnya menemukan Seo dan keluarganya, ini dikarena kesalahan anaknya, Jang Geum. Seo ditangkap dan dihukum mati. Jang Geum dan ibunya melarikan diri, namun ibu Jang Geum terluka parah oleh prajurit yang mengejar mereka, dan sebelum meninggal dunia ia menyampaikan kepada Jang Geum pesannya yang terakhir. Katanya, ia menginginkan Jang Geum menjadi kepala juru masak di dapur kerajaan dan mencatat kasus ini dalam buku catatan sejarah rahasia kaum perempuan di dapur (dengan maksud membalaskan kesalahan dayang istana senior yang dilakukan kepadanya dan demi kehormatannya).

Jang Geum mengalami sejumlah petualangan dan berhasil masuk ke istana. Melalui keberaniannya, bakat, kebaikan, dan kerja kerasnya, ia menolong Dayang Istana Han (sahabat baik ibunya) untuk menjadi kepala juru masak di istana. Pada masa ia berada di istana, ia mengalami banyak penderitaan dan dijauhi orang karena ia lebih pandai daripada para pekerja magang lainnya. Namun Jang Geum tidak patah semangat dan terus memasak dengan pikiran apapun yang terjadi, tujuannya memasak adalah demi kesehatan dan kebahagiaan orang yang menikmati masakannya. Malangnya, sebuah konspirasi yang dipimpin oleh Dayang-Istana Choi, bibinya Geum Yeong, yang ingin menjadi Kepala juru masak istana mengakibatkan Dayang Istana Han dan Jang Geum dibuang ke Pulau Jeju. Ia balik ke istana lagi dengan title perawat dan kemudian menjadi dokter pribadi raja. Akhir cerita ia akan diangkat sebagai selir raja tetapi.......................... Untuk ending selanjutnya kalian tonton aja di kaset ....



16 komentar:

  1. 1 lg rie
    the moon embrace the sun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohiya itu emg bagus :D
      aku ga tau pas lagi buat ini postingan, soalnya pas lagi buat ini post thn 2011. Sedangkan TMTETS tahun 2012 tayangnya ...
      Ntar tak update ^^

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. The Princess Man is the best saeguk drama ever...
    Dramanya Daebakk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ^^ ak juga suka bgt sama itu drama..

      Hapus
  4. tambahin "Jang Ok Jung dunk"!bagus loh!Selir Jang Hee Bin dengan sudut pandang lain daripada di "Dong Yi".

    BalasHapus
  5. Arang and The Magistrate juga keren banget loh. lucu banget Shin Min Ah dsitu. apalagi ada Lee Junki sama Yeon Woo Jin

    BalasHapus
  6. "Berapa banyak rasa sakit yang telah kau alami? aku tidak bisa membayangkan bagaiman kau melewati rasa sakit itu. Jika dengan mengambil nyawaku rasa sakitmu bisa disembuhkan, aku bersedia mati ribuan bahkan jutaan kali" itu yg ngomong se ryung ke seung yoo :D

    BalasHapus
  7. kalo dari kisah aku suka banget The great queen seondeok sama dong yi, kalau dari segi romance the princess man, ceritanya bikin nangis setiap episode T.T

    BalasHapus
  8. udah pernah liat semua , tpi pling suka sama Dongyi yg bikin nangis ,, yang aku gak tertarik Baek dongsoo , entah , udah liat tpi gak menarik aku..
    ayo tambah lagi , the moon that embracess the sun , trus Schoral Who Walks The Night , ada Lee jun ki , Lee yoo bi , Lee Soo Hyuk , Kim So Eun , sim changmin

    BalasHapus
  9. empress ki bagus juga

    BalasHapus
  10. Terima kasih kak atas rekomendasinya, sy juga ingin menginfokan F I L M , klik disini

    BalasHapus